Senin, 06 Oktober 2014

Di Balik Patah Hati Ada Sebuah Pelajaran



Sebuah gejolak cinta kadang kita akan mengalami suatu fase dimana kita tidak bersama lagi orang yang kita cintai. Fase ini dikenal dengan kata “putus”. Putus terkadang memang menyakitkan dan membuat kita menjadi bingung. Hal yang biasa kita lakukan bersama si doi, semenjak putus kita tidak melakukannya lagi bersama dengan dia. 

Tetapi, di balik sakit nya hati yang kita alami, ada beberapa hal baru yang kita pelajari secara tidak sadar di dalam kehidupan kita. Apa saja hal tersebut?


Dari sebuah proses patah hati, kamu belajar melepaskan orang yang kamu sayangi

Kegiatan rutinitas setiap hari, komunikasi setiap hari, ketemuan setiap hari, tiba-tiba dalam sekejap semua berubah ketika putus. Susah rasanya membiasakan diri dengan sesuatu yang tidak biasa. Tetapi kalian sudah sepakat untuk berpisah, dan kalian harus belajar merelakan keadaan yang ada.


Tring.. Kamu tahu bahwa hidupmu bukan hanya tentang dia. The show must go on

Hidup ini begitu indah. Dan hidup ini adalah milikmu, bukan milik orang lain. Jadi, kamu akan belajar bahwa tidak baik memikirkan dia terus. Kamu harus mencari sesuatu yang baru. Masih banyak orang yang membutuhkanmu.


Lebih bijak dalam hubungan selanjutnya 

Sadar atau tidak, ketika membina hubungan selanjutnya kita menjadi lebih berhati-hati dan menjadi lebih dewasa dari sebelumnya. Hal tersebut terjadi karena, kita tidak mau ada kegagalan cinta untuk kedua kalinya. Ada harga yang mahal yang harus dibayar oleh kita. Galau selama berbulan-bulan, nangis di depan sahabat, curhat sama orang tua, sedih dan merenung di kamar sendirian. Sangat rugi sekali apabila menjadi lebih sembrono  di pacaran yang kedua kalinya kalaui kita tidak berhati-hati. 


Masih banyak hal baik lain yang menunggu

Untuk menemukan yang terbaik, terkadang kita harus berhubungan orang sebenarnya tidak cocok dengan kita. Setelah putus dan berhubungan dengan orang lain, kamu baru sadar ternyata masih ada orang yang lebih baik yang sebelumnya kita berhubungan. Jadi jangan putus asa dan menundukkan kepala ke bawah. Tetaplah optimis dan memandang ke depan karena masih banyak hal baik, cita-cita yang baik, dan pasangan yang baik sedang menunggumu


Pengalaman gagal dalam bercinta kembali menumbuhkan rasa percaya diri

Ketika kita berpacaran dengan orang lain, mungkin secara tidak sadar, terkadang kita tidak dapat menjadi diri sendiri  dan kita juga tidak bebas. Setelah putus, kamu akan berubah menjadi diri sendiri. Lebih percaya diri, dan lebih bebas melakukan apa saja yang sebelumnya kamu belum pernah lakukan karena terkekang oleh pasangan kekasihmu. Kamu sadar kalau kamu sudah menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.


Kesendirian tidak selalu membuat kesepian

Sendiri bukan berarti sebuah malapetaka yang menimpa diri kita. Justtru dengan kesendirian kita lebih bisa menikmati waktu kita tanpa harus memikirkan keadaan pasangan. Apakah kesendirian adalah sesuatu yang menakutkan? Tentu saja tidak. Ini hanyalah masalah kebiasaan. Kamu bisa lebih banyak bertemu temanmu, bercengkrama dengan keluarga, komunikasi dengan sahabat yang sebelumnya jarang. Disinilah lingkungan sosialmu akan naik dan kemandirianmu lebih terbentuk. Sendiri siapa takut?


Masih ada hal baik dan penuh kejutan menanti di depan
 
Putus cinta adalah salah satu kerikil di dalam hidup. Ketika diantara kalian ada yang mengucapkan kata-kata putus bagaikan ada petir yang menyambar di siang bolong, menatap hubungan kalian yang sudah kosong. Jangan khawatir, hidup memang seperti itu. Kadang naik kadang turun. Kadang penuh dengan romansa berbunga-bunga, kadang harus berada di dalam lembah kelam. Tapi ketahuilah bahwa semua itu baik adanya. Di kala kita lagi di bawah kita belajar untuk bangkit. Di kala kita lagi di atas kita belajar untuk hati-hati. 


Putus cinta memang sakit, tapi dia bukanlah segalanya
Putus cinta bukanlah akhirnya dari segalanya. Jadi, apa itu putus cinta? Putus cinta adalah awal dari sebuah perjalanan menemukan cinta sejatimu. Ketika kita sedang mabuk dan terpenjara oleh cinta, kita tidak memperhatikan orang lain yang mungkin lebih baik dari pasangan kita. Di kala kata-kata silet itu muncul dan terjadi, kita menjadi lebih perhatian dan membandingkan orang lain dengan kekasih lebih sebelumnya. Jadi, jangan pernah patah semangat.


Putus cinta jangan membuatmu menjadi terpuruk dan hancur. Apapun bisa terjadi dalam percintaan. Putus cinta berarti kamu belum bertemu dengan orang yang tepat. Tapi satu yang harus kamu yakini, bahwa Tuhan sudah menyiapkan seseorang yang terbaik sebagai pendampingmu. Salam sukses.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar